Senin, 21 November 2011

KULIAH UMUM FO.. (Job Description Reception)

1. Carilah minimal 2 referensi tentang job description Reception atau Front Desk Agent, apabila referensi yang digunakan dalam bahasa Inggris, artikan kedalam bahasa Indonesia, tulis sumber atau refensi yang anda gunakan.
  • Perusahaan-perusahaan besar umumnya memiliki Resepsionis/Operator Telpon (OT), seperti Bank, Konsultan, Kontraktor, Perusahaan Provider/Telekomunikasi,Hotel, Travel Agent dan lain-lain. Karena posisinya berada di Front Office, biasanya citra sebuah perusahaan tergantung pada mereka, jadi bagaimana caranya mereka harus membuat nama baik perusahaan tetap terjaga. Siapa sebenarnya mereka? Apa tugas dan tanggung jawab mereka? Bagaimana seharusnya mereka "diperlakukan"? Apa kontribusi buat mereka? Bagaimana pandangan orang lain mengenai mereka
Pada umumnya tugas dan tanggung jawab seorang resepsionis adalah :
       1. Menghandle keluar masuknya telpon
       2. Menerima tamu
       3. Menerima surat/dokumen
       4. Mengerjakan pekerjaan Administrasi ringan
       5. Memberikan citra positif kepada tamu tentang perusahaan yang bersangkutan

        Mungkin bisa dibilang pekerjaan seorang resepsionis/OT gampang, karena sekilas                pekerjaan inti mereka hanya seputar telpon atau berbicara, tapi alangkah baiknya kita tidak memandang remeh tugas mereka.

Contoh kasus :
Telpon di perusahaan ABC ada 4 line & hanya ditangani oleh satu orang Resepsionis/OT. Dalam satu kondisi semua line berdering, sedangkan dia tidak diberi fasilitas head phone, bisa dibayangkan sibuknya dia. 
* Interkom berdering (panggilan dari dalam kantor): " Hallo bisa disambungkan ke no +6285221xxxx"
Baru saja terputus, line 1 sudah berdering " Bisa bicara dengan Bpk. Harto? ", begitu pun dengan line 2, 3 dan 4. Disini Resepsionis/OT dituntut untuk pandai-pandai mengaturnya, sebab bila tidak bisa menguasainya bisa-bisa dia akan stress ujungnya.
di ambil dari inolyayang.blogspot.com

  • Hadir pengunjung dan menangani pertanyaan di telepon dan tatap mukaPasokaninformasi mengenai organisasi untuk masyarakat umum kliendan pelanggan.
    tugas utama dan Tanggung Jawab Resepsionis
    menjawab telepon, layar dan langsung panggilan
    mengambil dan menyampaikan pesan
    memberikan informasi kepada penelepon
    menyapa orang yang memasuki organisasi
    berurusan dengan pertanyaan dari masyarakat dan pelanggan
    memastikan pengetahuan gerakan staf dalam dan keluar organisasi
    administrasi umum dan administrasi dukungan
    menyiapkan surat dan dokumen
    menerima dan menyortir surat dan pengiriman
    jadwal janji
    memelihara buku harian janji baik secara manual atau elektronik
    mengatur pertemuan
    rapi dan menjaga area resepsi
    Pendidikan dan Pengalaman
    ijazah sekolah tinggi umumnya dibutuhkan
    pengetahuan tentang prosedur administrasi
    pengetahuan tentang komputer dan aplikasi perangkat lunak yang relevan
    pengetahuan tentang prinsip-prinsip layanan pelanggan dan praktek
    Keyboard keterampilan
    kunci Kompetensi
    verbal dan tertulis keterampilan komunikasi
    profesional pribadi presentasi
    layanan pelanggan orientasi
    informasi manajemen
    pengorganisasian dan perencanaan
    perhatian terhadap detail
    inisiatif
    keandalan.

1 komentar: