- Perusahaan-perusahaan besar umumnya memiliki Resepsionis/Operator Telpon (OT), seperti Bank, Konsultan, Kontraktor, Perusahaan Provider/Telekomunikasi,Hotel, Travel Agent dan lain-lain. Karena posisinya berada di Front Office, biasanya citra sebuah perusahaan tergantung pada mereka, jadi bagaimana caranya mereka harus membuat nama baik perusahaan tetap terjaga. Siapa sebenarnya mereka? Apa tugas dan tanggung jawab mereka? Bagaimana seharusnya mereka "diperlakukan"? Apa kontribusi buat mereka? Bagaimana pandangan orang lain mengenai mereka
2. Menerima tamu
3. Menerima surat/dokumen
4. Mengerjakan pekerjaan Administrasi ringan
5. Memberikan citra positif kepada tamu tentang perusahaan yang bersangkutan
Mungkin bisa dibilang pekerjaan seorang resepsionis/OT gampang, karena sekilas pekerjaan inti mereka hanya seputar telpon atau berbicara, tapi alangkah baiknya kita tidak memandang remeh tugas mereka.
Contoh kasus :
Telpon di perusahaan ABC ada 4 line & hanya ditangani oleh satu orang Resepsionis/OT. Dalam satu kondisi semua line berdering, sedangkan dia tidak diberi fasilitas head phone, bisa dibayangkan sibuknya dia.
* Interkom berdering (panggilan dari dalam kantor): " Hallo bisa disambungkan ke no +6285221xxxx"
Baru saja terputus, line 1 sudah berdering " Bisa bicara dengan Bpk. Harto? ", begitu pun dengan line 2, 3 dan 4. Disini Resepsionis/OT dituntut untuk pandai-pandai mengaturnya, sebab bila tidak bisa menguasainya bisa-bisa dia akan stress ujungnya.
di ambil dari inolyayang.blogspot.com
- Hadir pengunjung dan menangani pertanyaan di telepon dan tatap muka. Pasokaninformasi mengenai organisasi untuk masyarakat umum klien, dan pelanggan.
tugas utama dan Tanggung Jawab Resepsionis
menjawab telepon, layar dan langsung panggilan
mengambil dan menyampaikan pesan
memberikan informasi kepada penelepon
menyapa orang yang memasuki organisasi
berurusan dengan pertanyaan dari masyarakat dan pelanggan
memastikan pengetahuan gerakan staf dalam dan keluar organisasi
administrasi umum dan administrasi dukungan
menyiapkan surat dan dokumen
menerima dan menyortir surat dan pengiriman
jadwal janji
memelihara buku harian janji baik secara manual atau elektronik
mengatur pertemuan
rapi dan menjaga area resepsi
Pendidikan dan Pengalaman
ijazah sekolah tinggi umumnya dibutuhkan
pengetahuan tentang prosedur administrasi
pengetahuan tentang komputer dan aplikasi perangkat lunak yang relevan
pengetahuan tentang prinsip-prinsip layanan pelanggan dan praktek
Keyboard keterampilan
kunci Kompetensi
verbal dan tertulis keterampilan komunikasi
profesional pribadi presentasi
layanan pelanggan orientasi
informasi manajemen
pengorganisasian dan perencanaan
perhatian terhadap detail
inisiatif
keandalan.
JOB SPESIFICATION presiden direkto pada travel agen apa mbak?
BalasHapus