Selasa, 25 Oktober 2011

Sistem Informasi Managemen II

1. Seorang manager harus mengelola dengan baik dan benar setiap informasi. Segala bentuk informasi yang didapat baik dari dalam maupun dari luar organisasi (data mentahan). Informasi tersebut kemudian diproses sehingga menghasilkan informasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kemajuan organisasi. Sebelum memberitahukan informasi, ada baiknya seorang manager melakukan analisis terlebih dahulu. Agar dapat mengetahui dampak positif atau negatif serta dapat memposisikan orang yang layak untuk menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat sehingga dapat dimanfaatkan. Jika informasi itu sudah tidak berguna lagi maka seorang manager dapat membuangnya dan menggantikan dengan informasi yang baru, mutakhir dan akurat.


2. Informasi yang dibutuhkan oleh manager harus mempunyai nilai yaitu :

  •  Up todate : Suatu informasi terbaru dan terkini karena belum ada pembahasannya serta penerapannya. karena dengan informasi yang up todate kita dapat jadikan sebagai sarana pemberitahuan yang baru, pembahasan yang menarik serta ada spirit yang baru untuk dapat mewujudkan informasi tersebut.
  • Detail : Informasi harus jelas, baik pada saat penyampaian kepada penerima informasi maupun dari sumber informasi itu sendiri.
  • Accurate : Pemberian informasi harus tepat pada sasaran mulai dari siapa penerima info tsb, efect dari info tsb serta output apa yang akan dihasilkan dari info tsb.

3. Informasi-informasi yang dibutuhkan oleh para tingkatan manajerial dalam melaksanakan fungsinya dalam hal : Planing, Organizing, Actuating dan Controling.
a. Top Management :
    Pada tingkatan ini biasanya ditempati oleh General Manager, Director of Room, Director  F&B. Setelah mendapatkan informasi, level ini juga menyiapkan perencanaan yang strategis melalui konsep-konsep yang matang demi tercapainya suatu tujuan. Top Management juga harus mempunyai kebijakan-kebijakan yang baik dari kebijakan-kebijakan yang telah ditentukan, ia harus memutuskan kebijakan yang mana yang akan digunakan karena sangat mempengaruhi perkembangan sebuah organisasi. begitu juga pada saat menentukan konsep-konsep yang menjadi pedoman untuk memajukan hotel.
b. Midle Management
    Pada tingkatan ini ditempati oleh manager per-divisi, setelah mendapatkan informasi dari atasan, manajemen langsung memberitahu kepada Low Management untuk mengembangkan perencanaan pendek, perencanaan menengah, jadwal-jadwal dan anggaran serta penentuan kebijakan, prosedur dan tujuan-tujuan bisnis bagi sub unitnya masing-masing.
c. Low Management
    Ditempati oleh supervisior melakukan planning, controling, operasional, dan decission makear yang dilimpahkan oleh atasan..dalam arti seorang supervisior harus mempunyai perencanaan yang matang yang bisa diterapkan pada masing-masing unit, melakukan pengawasan secara continue demi meningkatkan kinerja karyawannya, selain ikut mengoperasikan suatu unit, supervisor juga harus mampu mengambil keputusan yang sebelumnya dipertimbangkan plus minusnya.
d. Operator
    Ditempati oleh seluruh staff, selain melaksanakan proses transaksi dan merespon permintaan, operator juga yang menjalankan suatu unit serta yang menjalankan semua perintah atasan yang yang berisi sebuah keputusan, kebijakan-kebijakan serta perencanaan-perencanaan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar