Senin, 17 Oktober 2011

Sistem Penerimaan Kariyawan (SIM 1)

1. Mempunyai Komponen
Dalam sistem perekrutan karyawan di Jatra Tour and Travel Jakarta terdapat beberapa komponen yaitu :
a. Director of Human Resources
b. Dept Head
c. General Manager

2. Mempunyai Batasan

Untuk awal perekrutan karyawan hanya dapat ditentukan oleh Director of Human Resources setelah itu calon karyawan diseleksi lagi oleh Dept Head & GM.

3. Mempunyai Lingkungan

Segala sesuatu yang berada diluar sistem seperti, informasi pasar tenaga kerja, penjadwalan wawancara, perekrutan dan analisis rekruitmen.

4. Mempunyai Penghubung

Segala sesuatu yang dapat menghubungkan antara komponen sistem perekrutan dan calon pekerja seperti mengisi form new hire, mengisi psikotest, dan wawancara.

5. Mempunyai Masukan (Input)

Data-data atau dokumen yang diperlukan untuk input sebuah data sistem tentang data calon karyawan seperti riwayat hidup atau (CV) curriculum vittae milik pelamar. Kemudian dari cv pelamar dilakukan penyortiran antara pelamar yang akan dipanggil dengan yang gagal memenuhi standar suatu pekerjaan. Lalu berikutnya adalah memanggil kandidat terpilih untuk dilakukan ujian test tertulis, wawancara kerja / interview dan proses seleksi lainnya.

6. Mempunyai Pengolahan (Processing)

Proses pengelolaan data sehingga dapat digunakan sebagai sumber (informasi/analisis) yang dapat dipercaya. HRD menyimpan database yang berhubungan dengan pegawai dan memproses data tersebut untuk memenuhi kebutuhan informasi.

7. Mempunyai Keluaran (Output)

Merupakan hasil dari masukan dan dalam pengolahan data-data yang ada .


8. Mempunyai Sasaran dan Tujuan

-. Sasaran : SDM yang berkompeten dalam departement yang sedang dibutuhkan oleh Perusahaan. Sehingga SDM tersebut dapat memberikan kontribusinya dan dapat memberikan keuntungan pada Perusahaan.
-. Tujuan : Untuk mengisi posisi yang kosong contohnya: karyawan yang telah meninggal dunia, karyawan yang mengundurkan diri, dll.


9. Mempunyai Kendali (Control)

Di lakukan nya sebuah kesepakatan antara calon karyawan dengan Director of Human Resources dengan membahas tentang Hak dan Kewajiban dan job description calon karyawan tersebut selama bekerja di perusahaan.

10. Mempunyai Umpan Balik (Feedback)

Mempunyai umpan balik yang baik, antara calon karyawan tersebut dengan pihak perusahaan tersebut. 

Study Kasus:
Sesorang yang mau mencalonkan diri di sebuah perusahaan sebagai kariyawan wajib memiliki dokumen-dokumen dan diserahkan kepada HRD setelah dokumen diterima dan akn di seleksi oleh pihak HRD perusahaan. Setelah itu di panggil oleh pihak HRD untuk melakukan interview, interview pertama oleh HRD langsung setelah itu di lanjutkan oleh Dep.Head dan terakhir oleh GM. Pada saat interview biasanya akan dilakukan sebuah kesepakatan-kesepakatan dan pihak perusahaan akan mengseleksi sesuai dengan sasaran dan tujuan yang di miliki perusahaan dalam perekrutan karyawan. Bila sudah sesuai dengan ketentuan memenuhi persaratan dan juga persetujuan dari kedua pihak maka keputusan akan di berikan GM untuk akhir dari proses perekrutan kariyawan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar